F Kegiiatan Hari Sabtu di MTs Cijangkar - Jurnalistik MTs Cijangkar

Kegiiatan Hari Sabtu di MTs Cijangkar

MENGGALI POTENSI PESERTA DIDIK MTs CIJANGKAR MELALUI KEGIATAN RUTINAN HARI SABTU

Madrasah Tsanawiyah Cijangkar merupakan madrasah swasta yang terletak di Jl. Cijangkar No. 29  Desa Pasirhuni Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Madrasah ini menetapkan sistem belajar semi fullday school. Namun untuk hari ke enam semua peserta didik tetap diwajibkan untuk hadir di sekolah untuk melaksanakan beberapa kegiatan ekstra kurikuler yang dilakukan dengan tujuan untuk lebih menggali potensi peserta didik MTs Cijangkar.
Kegiatan di pagi hari yang biasanya digunakan untuk pelajaran pertama, khusus untuk hari ini diganti dengan sholat duha bersama - sama dan program Tahfidzul Qur’an di masjid Al Maosuliyah yang merupakan masjid Yayasan Islamiyah Cijangkar yang sudah memadai untuk menampung ratusan peserta didik.
Kegiatan ini dilakukan selama kurang lebih dua jam di mesjid. Setiap  peserta didik diwajibkan menyetorkan hafalannya kepada guru pembimbingnya masing masing. Melalui kegiatan ini seluruh peserta didik dituntut untuk menjadi pecinta Al Qur’an dan menjadi generasi yang ulul albab agama Islam dimasa yang akan datang.
Dengan bantuan bimbingan semua guru melalui kegiatan ini seluruh peserta didik membaca, menghafal dan memperkuat hafalannya, dengan harapan mudah - mudahan kegiatan ini bisa mencetak kepribadian peserta didik yang religious dan sangat menjaga Al Qur’an dimasa mendatang” Ujar Bapak Bariz Zam Zam pembina kegiatan Tahfidzul Quran.
Kemudian kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan Sabtu Bugar (SaBuga). Semua peserta didik diwajibkan mengikuti senam PGRI untuk tetap menjaga kesehatan jasmani. Kegiatan ini dilakukan di lapangan yang merupakan arena olah raga yang dimiliki oleh MTs Cijangkar. Kegiatan ini menunjukan untuk bisa melakukan berbagai macam ibadah pada Alloh diperlukan jasmani yang sehat. Untuk pemimpin gerakan biasanya dilakukan perwakilan bergilir setiap kelas. Tiga sampai empat orang mewakili kelasnya untuk memimpin di depan. Kegiatan ini dilakukan selama satu jam.
Setelah kegiatan SaBuga peserta didik di persilahkan untuk beristirahat, semua peserta didik dihimbau untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumahnya masing masing.  Namun, pihak OSIS pun menyediakan berbagai makanan melalui kanten OSIS.  Makanan yang disediakan pun sebagian merupakan hasil karya peserta didik dan guru yang madrasah sendiri. Mereka menitipkan hasil karyanya untuk dijual kepada peserta didik yang lain. Dengan di adakannya program kantin OSIS diharapkan semua peserta didik berperan aktif, terutama untuk seluruh pengurus OSIS . Peserta didik yang suka berniaga juga diharap ikut bekerja sama dengan pengurus OSIS untuk terus memajukan program ini karena program ini bertujuan untuk melatih karakter kewirausahaan peserta didik,  ujar Hilmi Azizah Ketua OSIS MTs Cijangkar.
Setelah waktu istirahat selesai, dilanjutkan dengan program Readthon yaitu kegiatan membaca bersama selama kurang lebih satu setengah jam, pelaksanaan kegiatan ini bertempat tribun lapang sekolah. Diakhir kegiatan ini diwajibkan seluruh kelas mengirimkan satu orang perwakilannya untuk membacakan kesimpulan dari isi buku yang telah dibaca. Sebagai apresiasi kepada yang paling baik kesimpulannya pengurus OSIS memberikan hadiah yang diharapkan bisa lebih meningkatkan semangat untuk membaca. Program ini berusaha mencari cara bagaimana menumbuhkan rasa suka membaca untuk seluruh peserta didik, dengan dilaksanakannya program ini, alhamdulillah sedikit demi sedikit rasa cinta buku sudah mulai tumbuh pada jiwa para peserta didik, kegiatan ini juga tidak terlepas dari kerjasama para guru dengan pengurus OSIS. Semoga kedepannya program ini lebih menjadikan peserta didik suka membaca dan cinta buku, karena dengan membaca dapat membuka cakrawala dunia.” Ungkap Ibu Euis Yayah Mardiah, S.Pd. kepala Madrasah Tsanawiyah Cijangkar Ciawi Tasikmalaya.
Setelah selesai kegiatan readthon, kemudian seluruh peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. Ada 10 jenis ekstrakulikuler yang dilaksanakan di MTs Cijangkar, diantaranya ekskul yang pelaksanaannya dilaksanakan di dalam ruangan yaitu Jurnalistik Madrasah dan Sanggar Komputer, Marawis, Kosidah, Catur, Tenis Meja, Badminton. Sedangkan ekskul yang pelaksaannya diluar ruangan diantaranya Futsal, Volley Ball, dan Drumband. Seluruh peserta didik diwajibkan mengikuti satu eskul yang sesuai dengan bakat yang dimiliki agar bakatnya tersalurkan. Sehingga tidak ada peserta didik yang nganggur tanpa kegiatan ekskul.

Hari sabtu sengaja dipulangkan lebih awal setelah sholat zhuhur berjama’ah di masjid, kegiatan hari sabtu diawali dan di akhiri di masjid. Diharapkan dengan adanya program rutinan ini bisa menggali potensi seluruh peserta didik Madrasah Tsanawiyah Cijangkar yang unggul dalam berbagai macam bidang baik pengetahuan, keterampilan dan tertutama keagamaan. Amin

Tim Jurnalistik MTs Cijangkar

Kegiatan Laporan Setelah Readthon
Lomba Hapalan Zuz Amma




Kegiatan Hapalan Zuz Amma

Kegiatan Readthon



Kegiatan Sabtu Bugar


Kegiatan Sabtu Bugar




Ekskul Jurnalistik Madrasah


Kantin OSIS

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kegiiatan Hari Sabtu di MTs Cijangkar"

mts cijangkar said...

MTs Cijangkar is the best.....