F Pengurus OSIS MTs Cijangkar Melaksanakan Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS ) & Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) - Jurnalistik MTs Cijangkar

Pengurus OSIS MTs Cijangkar Melaksanakan Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS ) & Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK)



Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Peserta didik (LDKS) & Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) merupakan kegiatan rutin Organisasi Peserta didik Intra Sekolah (OSIS) di akhir masa bhaktinya. Kegiatan LDKS ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan pada calon pengurus OSIS baru, sedangkan sidang MPK merupakan sidang yang membahas beberapa pembahasan salah satunya pertanggungjawaban pengurus OSIS atas pelaksanaan program kerjanya selama masa bhakti kepengurusannya.

Pengurus OSIS MTs Cijangkar melaksanakan kegiatan LDKS dan MPK pada tanggal 13 januari 2018 mulai pukul 13.00 sampai pukul 07.00 tanggal 14 januari 2018. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan kelas yang telah dipilih untuk menjadi bagian dari kepengurusan OSIS di MTs Cijangkar. Kegiatan yang yang dilaksanakan di kampus MTs Cijangkar ini dihadiri juga oleh beberapa pembimbing, pembina, panitia, serta alumni pengurus osis beberapa tahun ke belakang.

Pelaksanaan kegiatan LDKS dan MPK ini dimulai dari check in peserta pukul 13.00 yang dilakukan oleh panitia, selanjutnya upacara pembukaan yang yang diisi dengan beberapa acara untuk membuka kegiatan LDKS ini. Setelah upacara pembukaan, dilanjutkan dengan penyampaian beberapa materi meliputi materi kepemimpinan yang disampaikan oleh Agus Nana Nuryana M.M.Pd., kemudian  setelah itu materi pentingnya berorganisasi dan pengenalan organisasi OSIS oleh Tatang Yudi S.Pd.I, kemudian materi surat menyurat oleh Dian Wardani S.Pd, dan kepemimpinan Islam oleh bapak Bariz Zam-zam A.Md. Penyampaian materi ini kurang lebih menghabiskan waktu 6 jam diselingi oleh istirahat dan sholat. Materi disampaikan bukan hanya semata-mata materi bacaan, melainkan pemantapan pengetahuan peserta didik tentang organisasi. Selain itu, untuk menambah wawasan peserta didik tentang tata cara berorganisasi.
Setelah berakhirnya penyampaian materi keorganisasian, kegiatan dilanjutkan dengan sidang MPK  yang dimulai pukul 19.45. Sidang dipimpin oleh ketua presidium, yang dipilih melalui musyaearah, sedangkan peserta yang mengikuti sidang ini sebanyak 93 orang yang terdiri dari 58 orang unsur perwakilan kelas, 1 orang unsur pembina, 8 unsur perwakilan guru, dan 26 orang utusan pengurus OSIS.

Kegitan sidang MPK ini diisi dengan berbagai kegiatan yang  diantaranya adalah laporan pertangguang jawaban pengurus OSIS masa bakti 2017/2018, pembahasan rancangan ART OSIS periode 2018/2019, pembahasan garis-garis besar program OSIS periode 2018/2019, kesimpulan dan penampilan kampanye calon figur ketua OSIS. Pelaksanaan kegiatan sidang MPK ini berakhir sampai pukul 23.00. Dalam persidangan tentu saja ditaburi oleh tanggapan, baik yang pro maupun yang kontra, namun alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir Sehingga menghasilkan kesimpulan.

      Pelaksanaan sidang MPK tahun ini tidak terlalu memakan waktu serta berjalan dengan lancar. Kami semua merasa bangga kepada pengurus OSIS tahun 2017/2018 yang diketuai oleh Hilmi Azizah Amtilah dan atas bantuan rekan rekannya yang telah menyusun dan menjalankan program kerja sedemikian rupa dengan kreatif dan berupaya agar seluruh program kerja bisa berjalan, walaupun masih ada beberapa yang perlu di perbaiki, namun ini merupakan usaha yang baik untuk memajukan organisasi OSIS di MTs Cijangkar ini.

Setelah sidang MPK selesai dilanjutkan dengan merajut mimpi, dan seluruh peserta maksimal pukul 23.30 harus sudah tidur. Semua peserta akan di kejutkan dengan rencana yang telah panitia siapkan untuk menguji mental serta memakai penutup mata. Dari 58 peserta akan dibagi 5 kelompok yabg beranggotakan 10-14 orang.  Mereka dibangunkan pukul 01.30 untuk menghadapi tantangan baru yang diberikan panitia. Selanjutnya satu persatu kelompok akan berhenti di pos yang berjumlah 5 pos. Semua pos memberikan pertanyaan dan rintangan tertentu yang berbeda beda, dan jarak antara pos pun diatur sedemikian rupa. Jika mereka dapat menjawab pertanyaan dan dapat menyesaikan tantangan yang diberikan pada pos sebelumnya, maka mereka dapat melanjutkan ke pos berikutnya, namun jika tidak, mereka akan tetap bertahan di pos itu sampai mereka dapat izin dari ketua pos. Dalam perjalanan antar pos mereka akan mendapat pelajaran-pelajaran dari panitia dan disitulah mental mereka diuji.

Jika semua pos telah dilalui, maka segeralah semua berkumpul di lapangan untuk sejenak merenung atas segala kesalahan terdahulu. Tidak sedikit dari peserta yang sampai meneteskan air matanya karena hati mereka tersentuh ketika mendengar renungan. Bahkan panitia pun ikut meneteskan air matanya. Setelah waktu menunjukan pukul 03.15 semua peserta dipersilahkan menuju masjid untuk melakukan sholat tahajud dan persiapan berjaamah sholat shubuh, Kemudian dilanjutkan dengan materi siraman rohani yang merupakan materi terakhir dari kegiatan LDKS dan MPK. Setelah materi selesai seluruh peserta diminta untuk membereskan kembali tempat yang telah digunakan kegiatan. Tidak hanya peserta, staf guru serta panitia pun ikut membantu agar lebih cepat selesai sehingga lingkungan tetap bersih seperti sedia kala. Kegiatan LDKS & MPK pun selesai tepat pukul 07.00 dan seluruh peserta juga panitia pulang ke rumah masing masing dengan harapan mereka dapat mengambil pelajaran dan hikmah serta bisa diamalkan di kehidupan mereka sehari hari.

Reporter:                  Neneng Maryam

                                Peserta Didik Kelas 9A MTs Cijangkar







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengurus OSIS MTs Cijangkar Melaksanakan Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS ) & Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK)"