F Implementasi Remaja Masjid untuk Zaman Now - Jurnalistik MTs Cijangkar

Implementasi Remaja Masjid untuk Zaman Now



Remaja sejatinya merupakan asset bagi bangsa pada umunya dan wilayah pada khususnya. Penerapan segala sesuatu bagi remaja akan mudah dicerna dan diterapkan, begitupun segala hal yang berbeda dan baru pasti mereka akan mengkritisi hal yang asing tersebut sehingga seberapa nyaman hal tersebut baginya. Implementasi remaja masjid, hal ini bisa memperkirakan seberapa besar remaja zaman now bisa memasuki suasana di dalam lingkungan dan kegiatan remaja masjidnya.

Dengan perubahan dan perkembangan zaman remaja tidak mau untuk bergabung diremaja masjid sekitarnya karena gengsi dengan teman-teman yang lainya bergaul dengan perkembangan zaman sedangkan bergabung diremaja masjid monoton, tidak seru dan membosankan. Padahal perlu digaris bawahi dengan orang yang menyatakan bahwa bergabung diremaja masjid itu kuno, monoton, dan tidak seru, melainkan hal tersebut sekarang mulai terkikis dengan kemasan kegiatan-kegiatan yang menarik mengikuti perkembangan teknologi dan zaman.

Zaman dan masa tidak boleh kita salahkan sesuka hati, melainkan kita harus bisa mempersiapkan supaya tidak terbawa arus negatif dalam perkembangan zaman ini. Tetapi kitaa harus memperbaharui keadaan yang ada supaya lebih baik dengan zaman yang dihadapi, tidak usah terburu-buru nyantai tapi narget dengan proses yang bertahap. Untuk bisa menerapkan remaja masjid zaman sekarang ini, harus memperhatikan makna masjid tersebut dan menghubungkannya dengan kondisi masjid dan remaja saat ini, sepertinya cukup meghawatirkan. Walaupun masih banyak remaja masjid yang aktif di dalamnya. Akan tetapi, subtansi masjid dari tujuan dibangunnya masjid tersebut semakin berkurang. Hanya beberapa masjid saja yang dalam 5 waktu shalat diramaikan oleh remaja, itupun masjid yang terdapat dalam lingkungan pesantren. Sebenarnya inilah tugas dan kewajiban remaja untuk meramaikan masjid, sehingga bukan hanya ibu-ibu pegajian yang mengisi masjid dan bapak-bapak yang sudah sepuh yang setiap waktu shalat mengumandangkan adzan di masjid.

Remaja yang diharapkan di era globalisasi informasi dengan (surat kabar, majalah, TV, radio, dan film, plus media online) nya yaitu remaja yang hatinya terpanggil menuju masjid.
Media dengan gadgetnya tidak dapat dihindari dan disitulah peran media mempengaruhi dan membentuk opini publik. Disitu pula sebenarnya kesempatan generasi remaja masjid masa kini untuk memanfatkan media melalui gadgetnya, sehingga dapat memanfaatkan dan menghidupkan fasilitas pembangunan yang telah ada, bukan hanya untuk masjid dalam pengertian sempitnya akan tetapi juga masjid dalam fungsi sosial lainnya hingga mampu membangun manusia yang mau bersujud dalam kontek memakmurkan masjid.

Jadi segala kegiatan yang biasanya dilaksanakan oleh remaja masjid seperti halnya, ngaji rutinan, dan kegitan islami lainya tinggal dikemas dan dipoles sedemikian menariknya supaya remaja masjid lainnya bisa tertarik kembali untuk bisa memakmurkan masjid serta meneguhkan jiwa kerohaniannya dalam mencegah pergaulan moral yang tidak semestinya.


By: PanJeunan “(Pena Anjeunan)”
Nasrudin A. Matin (Alumni MTs. Cijangkar Angkatan 2012)
Salam Perubahan!!!!

Nasrudin Abdul Matin/Mahasiswa IAIN Cirebon.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Implementasi Remaja Masjid untuk Zaman Now"

Rita yuningsih said...

Ih kakakna isa nya..;)
Great kak